7 Tempat Wisata Terbaik di Lampung yang Paling Hits

Terkenal dengan julukan Kota Gajah, Lampung mempunyai keindahan alam yang luas membentang. Jika bermaksud untuk healing, maka Lampung bisa menjadi pilihan tepat, karena semua jenis wisata ada di sana. Mulai dari gunung, pantai, air terjun, hingga spot untuk selfie juga bisa ditemukan dengan mudah.

Poin plus lain adalah akses menuju Kota Lampung yang mudah, bisa dengan menggunakan pesawat, atau dengan feri jika melalui Selat Sunda. Ingin tahu lebih detail tentang wisata menarik di Lampung? Berikut 7 rekomendasi tempat wisata terbaik di Lampung:

1. Lampung Walk

Lampung Walk (foto: instagram.com/lampungwalk/)
LokasiJl. Urip Sumoharjo, No. 61 Way Halim, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 08.00 –24.00 WIB
Harga Tiket MasukHTM: Gratis
Masuk spot foto 3D, area olahraga, dan kolam renang membayar tiket terpisah
Rating objek wisata4.5/5 dari 9,347 ulasan Google

Kamu mencari tempat hiburan yang family-friendly, ramah anak dan cocok untuk generasi milenial? Lampung Walk Jawabannya. Perpaduan antara wisata alam terbuka, area olahraga, taman bermain, serta wisata kuliner membaur jadi satu di Lampung Walk.

Konsep one stop family entertainment akan membuat pengunjung bisa berpindah ke satu tempat wisata yang satu ke tempat lain dengan mudah. Lokasinya pun sangat strategis dan mudah ditemukan karena berada di depan Rumah Sakit Urip Sumoharjo.

Selain itu, Lampung Walk juga bisa menjadi tempat hunting foto untuk generasi milenial. Ada berbagai spot foto 3 dimensi yang kekinian dan instagramable. Spot ini juga bisa banget menjadi destinasi kamu yang akan mengadakan reuni atau kumpul teman kelas.

Di Lampung Walk terdapat kolam renang yang bersih dan jernih, sangat worth it untuk dicoba. Selain kolam renang yang bersih, lapangan bulu tangkis, futsal dan basketnya juga sudah standar Internasional, luas dan memiliki tribune.

2. Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung, Lampung (foto: instagram.com/pantaisariringgung.official/
LokasiJl. Way Ratai No.KM 14, Desa Sidodadi, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 06.00 –17.00 WIB
Harga Tiket MasukRp5.000 –Rp10.000 per orang
Rating objek wisata4.3/5 dari 7,534 ulasan Google

Salah satu objek wisata alam yang bisa dikunjungi di akhir pekan adalah Pantai Sari Ringgung. Pantai Sari Ringgung merupakan salah satu pantai terindah di Lampung yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Pantai ini masuk dalam list wisata kebanggaan masyarakat Lampung, karena keindahannya yang tak perlu diragukan lagi.

Air yang tenang membuat Pantai Sari Ringgung aman untuk berenang. Dari Bandar Lampung menuju Pantai Sari Ringgung bisa ditempuh waktu 30 –60 menit.

Selain memakai kendaraan pribadi, kamu juga bisa menggunakan angkutan umum dari Terminal Rajabasa. Memilih Pantai Sari Ringgung sebagai destinasi berlibur adalah pilihan tepat, karena di pantai ini terdapat berbagai macam fasilitas, seperti:

  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Penginapan
  • Taman bermain anak
  • Berbagai spot foto kekinian
  • Warung
  • Toilet dan kamar mandi

Saat berlibur di pantai terindah di Lampung ini, ada banyak tempat yang bisa kamu explore dalam satu waktu, di antaranya:

  • Spot Pasir Timbul. Pasir Timbul ini menjadi daya tarik tersendiri, di mana pasir terbentuk secara alami. Spot ini menjadi tempat favorit para wisatawan.
  • Puncak Indah. Puncak Indah merupakan area bukit, di mana wisatawan bisa melihat luasnya pemandangan sekitar Pantai Sari Ringgung dari ketinggian.
  • Masjid Terapung: lokasinya tak jauh dari Pantai Sari Ringgung. Di sini, kamu bisa mampir sholat dan istirahat setelah seharian bermain di pantai. Nikmat banget sih pastinya kalau beribadah dengan suasana pantai yang menyejukkan.
  • Water Sport: terakhir, di Pantai Sari Ringgung sangat memungkinkan mencoba berbagai wahana air, mulai dari Kano, Speed boat, hingga Banana boat.

3. Bukit Sakura Kemiling

Bukit Sakura Kemiling, Lampung (foto: instagram.com/indri_anggel/)
LokasiJl. Melati Raya, Langkapura, Kec. Langkapura, Kota Bandar Lampung, Lampung (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 08.00 –17.00 WIB
Harga Tiket MasukRp10.000 per orang
Rating objek wisata4.3/5 dari 4,528 ulasan Google

Seperti namanya, Bukit sakura Kemiling merupakan objek wisata bernuansa Jepang yang terletak di Langkapura, Bandar Lampung. Penamaan Bukit Sakura juga karena bukit ini terletak di Gang Sakura. Kamu bisa menikmati lanskap Kota Lampung dari ketinggian bukit, menikmati udaranya yang segar, serta mencoba berbagai spot foto yang Instagramable.

Bukit Sakura selalu ramai dikunjungi karena lokasinya yang dekat dengan perkotaan. Objek wisata satu ini hanya berjarak 2 kilometer dari Bandar Lampung atau sekitar 15 menit menggunakan sepeda motor.

Di Bukit Sakura, ada banyak sekali fasilitas dan wahana permainan yang bisa kamu nikmati. Berikut yang berhasil kami rangkum:

  • Terdapat banyak Gazebo, sehingga pengunjung bisa beristirahat atau sekedar duduk-duduk sambil menikmati pemandangan.
  • Terdapat tempat penyewaan baju tradisional seperti Hanbok dan Kimono
  • Bisa mengakses WiFi gratis yang disediakan oleh pengelola tempat wisata
  • Bagi yang suka berenang, Bukit sakura juga mempunyai kolam renang untuk umum
  • Terdapat area bermain yang ramah anak (anak bisa bermain Bombom Car, Mandi Bola, ayunan)
  • Kamu  bisa menikmati Pertunjukan Musik
  • Tersedianya permainan Suriken dan Panahan saat weekend

4. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas, Lampung (foto: instagram.com/tamannasionalwaykambas/)
LokasiRaja Basa Lama, Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur (cek di Google Map)
Jam BukaSetiap hari, 08.00 –18.00 WIB
Harga Tiket MasukRp7.000 per orang
Rating objek wisata4.3/5 dari 4,461 ulasan Google

Rasanya belum afdhol kunjungan ke Lampung kalau belum mengunjungi Taman Nasional Way Kambas. Way Kambas tak hanya famous di kalangan wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara. Secara khusus, Way Kambas merupakan area konservasi Gajah.

Ada sekitar 300 Gajah yang hidup di alam terbuka Way Kambas. Namun, bukan hanya melihat Gajah dari dekat saja, kamu juga bisa menyaksikan atraksi para Gajah dan berinteraksi secara langsung dengan mereka.

Selain Gajah, berwisata ke Way Kambas juga membuka peluang untuk kamu bisa melihat satwa liar yang ada di Pulau Sumatera. Saat mengunjungi Way Kambas, kamu juga harus mencoba menaiki Gajah yang ada di sana. Untuk hal ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp20.000 untuk satu putaran dengan jarak 50-100 meter.

Satu Gajah dewasa bisa dinaiki oleh 2 orang plus 1 pawang. Way Kambas juga masuk list wisata ramah anak, ada area mini outbond serta taman bermain yang bisa dikunjungi. Untuk jalan akses menuju Way Kambas sudah sangat bagus dan lancar. Sehingga Way Kambas sangat bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga dan edukasi anak.

5. Pantai Klara

Pantai Klara, Lampung (foto: instagram.com/wishfree_/)
LokasiJl. Raya Way Ratay, Gebang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 07.00 –19.00 WIB
Harga Tiket MasukRp15.000 untuk motor, Rp50.000 untuk mobil, dan Rp25.000 untuk rombongan pelajar
Rating objek wisata4.4/5 dari 2,774 ulasan Google

List destinasi family-friendly yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Pantai Klara. Namanya terdengar aesthetic karena mirip nama seseorang, namun Klara sendiri adalah akronim dari Kelapa Rapat. Penamaan itu karena pohon kelapa tumbuh berjajar sepanjang pinggiran pantai.

Masuk dalam daftar salah satu pantai terindah di Lampung, Pantai Klara memiliki kecantikan alam yang luar biasa mengagumkan. Pantai pasir putih nan lembut dan ombaknya tenang. Bagi yang ingin berenang tapi takut kedalaman, kamu bisa menyewa ban yang tersedia di sekitar pinggir pantai.

Hal seru lain yang bisa dilakukan adalah mengelilingi pantai dengan menggunakan Kano. Untuk harga sewa Perahu Kano ini, kamu cukup mengeluarkan Rp15.000 –Rp50.000, tergantung berapa jam penyewaan.

Setelah puas bermain air, kamu dan keluarga bisa menyewa gazebo yang tersedia di sepanjang pinggiran pantai. Untuk satu gazebo dikenakan biaya sebesar Rp25.000. Bagi para sunset hunter, Pantai Klara bisa menjadi sebuah surga, karena pemandangan matahari tenggelamnya yang luar biasa memanjakan mata.  

6. Puncak Mas

Puncak Mas, Lampung (foto: instagram.com/puncakmas_lampung/)
LokasiJl. H. Hamim RJP, Sukadanaham, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 08.00 –22.00 WIB
Harga Tiket MasukRp20.000 per orang
Rating objek wisata4.4/5 dari 12,037 ulasan Google

Ingin melepas penat dari satu pekan aktivitas dengan melihat keindahan Kota Lampung dari ketinggian? Pergi deh ke Puncak Mas. Wisata ini dekat dengan perkotaan, hanya memakan waktu kurang lebih 30 menit (dengan sepeda motor) untuk sampai ke sana. Bukit Mas terkenal karena udaranya yang sejuk –letaknya di area perbukitan. Menjelang malam, pengunjung bisa melihat kerlap-kerlip lampu kota dari ketinggian.

Berikut spot dan tempat yang bisa dikunjungi jika kamu memutuskan untuk berwisata ke Puncak Mas:

  1. Taman yang terbentang luas

Puncak Mas mempunyai taman yang luas dengan konsep kekinian. Taman ini didominasi rerumputan hijau, gazebo, serta area trekking. Dari taman, pengunjung juga bisa melihat view bukit yang terbentang di kiri dan kanan taman.

  • Wahana bermain dan spot foto. Layaknya wisata kebanyakan, Puncak Mas juga punya banyak sekali spot untuk selfie, seperti Rumah Kincir, Rumah Pohon, serta musala pohon. Adapun wahana andalan di Puncak Mas adalah sepeda gantung atau zip-bike.
  • Food court terbuka. Tak perlu khawatir saat kamu merasa lapar di saat menjelajah area wisata. Puncak Mas memiliki food court atau kafe yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman.
  • Arena bermain anak. Bagi yang mengunjungi Puncak Mas bersama keluarga, bisa bermain dan menggunakan fasilitas di area khusus permainan anak-anak.

Sebagai catatan, Puncak Mas akan sangat ramai di akhir pekan. Pengunjung yang datang bisa sampai 2.000 orang lebih. Oleh karena itu, lebih baik datang ke destinasi wisata ini di hari aktif kerja.

7. Wira Garden

Wira Garden, Lampung (foto: instagram.com/cellotagatari/)
LokasiJl. Wan Abdurrahman, Batu Putuk, Kec. Tlk. Betung Utara, Kota Bandar Lampung (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 09.00 –17.00 WIB
Harga Tiket MasukRp15.000 per orang
Rating objek wisata4.5/5 dari 1,966 ulasan Google

Wira Garden bisa dikatakan sebagai tempat wisata alam di tengah kota. Dari Bandar Lampung hanya 10 kilometer atau membutuhkan waktu 19 menit saja. Salah satu area yang sangat terkenal di Wira Garden adalah sumber mata air yang dianggap masyarakat sekitar bisa membuat awet muda (jika mencuci wajah di sumber tersebut). Sumber mata air ini tak kering meski sudah memasuki musim kemarau.

Wira Garden cocok dikunjungi beramai-ramai atau acara komunitas. Terdapat area outbond dan perkemahan, sehingga nyaman untuk kegiatan gathering, kumpul bersama teman atau keluarga. Wira Garden juga ramah anak, terdapat area bermain dengan fasilitas seperti jungkat-jungkit, ayunan dan perosotan.

Berikut aktivitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi Wira Garden?

  • Jalan santai atau olahraga ringan sambil mengitari area kolam atau sungai
  • Outbond, berkemah atau sekar berkumpul bersama teman dan keluarga sambil bermain game-game seru
  • Arung jeram bersama teman-teman
  • Melihat pemandangan dari ketinggian Teluk Lampung
  • Camping
  • Berswafoto di berbagai spot foto yang ada di Wira Garden

Beberapa destinasi di atas merupakan tempat yang family-friendly, sehingga bisa dikunjungi bersama keluarga. Rata-rata tempat di atas juga mempunyai jarak tempuh yang tak jauh dari kota, sehingga bisa diakses dengan menggunakan kendaraan umum. Semoga bisa membantu kamu yang masih bingung untuk memutuskan ke mana akan menghabiskan liburan. Happy vacation!

Leave a Reply