Kenapa Budidaya Ikan Cupang Bisa Gagal

Cupang menjadi salah satu jenis ikan hias yang sangat diminati. Adanya sirip dan ekor yang memukau dengan warna yang beragam menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari jenis ikan hias ini.

Tidak hanya itu, harga cupang pun bisa meningkat dengan cukup signifikan di pasaran, terutama di musim-musim tertentu.

Oleh karena adanya potensi ekonomi yang cukup tinggi dari ikan cupang, cukup banyak masyarakat yang mencoba untuk melakukan budidaya ikan cupang.

Terlebih, budidaya cupang bisa dilakukan di rumah dengan space yang tidak terlalu luas.

Nah, berbincang tentang budidaya cupang, ada beberapa penyebab kenapa budidaya cupang bisa gagal dan berantakan.

Anda tentu harus mengetahui beberapa hal tersebut agar kegagalan tidak akan Anda rasakan.

Sebab Budidaya Ikan Cupang Gagal

Alasan Kenapa Budidaya Ikan Cupang Bisa Gagal dan Berantakan

Ada beberapa hal yang menjadi sebab kenapa budidaya ikan cupang yang Anda lakukan bisa gagal. Adapun beberapa sebab tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Induk yang belum berpengalaman

Salah satu sebab mendasar kenapa budidaya cupang bisa gagal adalah induk yang belum berpengalaman untuk merawat burayak.

Hal ini umumnya terjadi karena kesalahan pembudidaya yang menggunakan induk cupang dengan usia di bawah 5 bulan. Padahal, syarat utama induk cupang adalah usia minimal 5 bulan agar bisa beradaptasi dengan cepat.

Terlalu sering dilihat

Umumnya, pembudidaya pemula akan senantiasa melihat proses pemijahan yang terjadi. Padahal. meskipun sepele, hal ini akan berpengaruh pada proses budidaya dan bisa saja membuat proses budidaya menjadi gagal.

Pasalnya, ketika sering dilihat, maka induk cupang akan cenderung lebih aktif bergerak. Gerakan yang terlalu aktif ini nantinya akan mengancam kelangsungan hidup burayak.

Terlalu cepat mengganti air

Mengganti air memang merupakan hal yang penting untuk memberikan tempat hidup yang nyaman bagi burayak. Namun, ketika penggantian air dilakukan terlalu cepat dan terlalu sering, maka ada risiko burayak stress dan gampang mati.

Baca juga: Ketahui Jenis Jenis Ikan Air Payau.

Nah, beberapa hal di atas adalah apa yang menjadi sebab budidaya cupang menjadi gagal. Hindari beberapa kesalahan di atas untuk mendapatkan hasil budidaya cupang yang maksimal.

Leave a Reply