Jenis Ikan Air Payau

Air payau menjadi salah satu habitat asli untuk hidup beragam jenis ikan. Air payau sendiri merupakan campuran antara air tawar dan air laut dengan kandungan garam sekitar 0,5%.

Beberapa tempat seperti muara sungai, teluk pantai, ataupun rawa yang mengalami pasang surut merupakan contoh daerah air payau.

Terkait habitat tersebut, ada cukup banyak jenis ikan air payau yang hidup dan berkembang biak. Jenis ikan air payau termasuk ikan yang bisa dikonsumsi serta mudah untuk dibudidayakan.

4 Jenis Ikan Payau

Ragam Jenis Ikan Air Payau yang Bisa Dikonsumsi

Nah, adapun beberapa jenis ikan air payau yang cukup populer dan bisa dijadikan ide santapan ataupun budidaya adalah sebagai berikut:

Mujair

Memang, mujair dikenal sebagai ikan air tawar. Namun, dalam perkembangannya, banyak budidaya mujair dilakukan di air payau.

Kondisi air payau dan air tawar yang tidak jauh berbeda membuat ikan ini bisa beradaptasi dengan baik.

Tidak hanya itu, mujair hasil budidaya air payau memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada air tawar. Oleh karenanya, dari segi ekonomi, hal ini tentu lebih menguntungkan.

Selain itu, ikan mujair juga sering diburu pemancing. Hal ini dikarenakan umpan yang mudah dibuat, sebagaimana umpan ikan lele.

Bandeng

Bandeng adalah salah satu ikan air payau yang banyak diminati. Ikan ini memiliki harga yang cenderung terjangkau dengan rasa yang sangat nikmat.

Sekilas, bandeng tampak seperti ikan yang hidup di laut, padahal bandeng bisa hidup dan dibudidayakan di air payau dengan sangat baik.

Kerapu

Jenis ikan air payau lainnya adalah kerapu. Bisa dikatakan bahwa ikan ini termasuk jenis ikan air payau dengan kualitas tinggi serta memiliki harga yang sangat mahal.

Sayangnya, ikan ini terkena eksploitasi besar-besaran yang menurunkan jumlah populasi secara signifikan di alam bebas.

Patin

Memiliki rasa yang nikmat, patin menjadi salah satu ikan air payau yang banyak dikonsumsi. Selain itu, ikan ini memiliki tingkat perkembangan yang cepat dengan ukuran tubuh yang besar. Tidak mengherankan jika ikan patin banyak menjadi pilihan budidaya air payau.

Nah, beberapa ikan di atas adalah contoh ikan yang bisa hidup di air payau. Adakah ikan-ikan di atas yang menjadi favorit Anda?

Leave a Reply