Apa yang dimaksud WPS pada WIFI?

Ketika membuka pengaturan WiFi pasti akan melihat tulisan WPS dan bertanya-tanya apa itu WPS. Sedikit informasi yang WPS adalah salah satu sistem keamanan yang ada melalui WiFi. WPS berfungsi untuk menghubungkan ke router dengan perangkat penerima WiFi, seperti laptop atau smartphone dengan lebih cepat, mudah dan aman. Namun, semua perangkat router, modern dan MiFi dapat menggunakannya. Untuk penjelasan lebih lengkap tentang WPS, lihat keterangan di bawah ini.

WiFi Protected Setup atau WPS merupakan disingkat jaringan nirkabel standar yang digunakan untuk membuat sambungan antara router dan perangkat nirkabel menjadi lebih cepat dan lebih mudah. WPS diperkenalkan pada tahun 2007 oleh Aliansi WiFi dengan tujuan memungkinkan pengguna terutama pengguna rumah WiFi yang tidak ingin atau tidak akrab dengan penggunaan password jaringan nirkabel atau pengaturan keamanan sulit . WPS memungkinkan perangkat pengguna terhubung ke jaringan WiFi.

Bergantian WPS juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Keunggulan WPS akan membuat sambungan atau koneksi WiFi antara router dan perangkat seperti smartphone dan laptop bisa lebih cepat dan dapat digunakan dengan mudah.

Kekurangan dari WPS

WPS pada beberapa router sudah banyak sistem operasi pada saat terakhir berada pada Windows XP, Windows Vista, Windows 8 dan Windows 10. Sementara Android dari Android 4.0 Ice Cream Sandwich Android 7.0 atau Android Nougat. Dan versi BlackBerry 6 terbaru. Dan adapaun kekurangan dan kelemahan dari WPS kami himpun dari terminaltekno.id yaitu :

  1. WiFi Router jaringan menggunakan WPS memiliki fitur keamanan yang sangat rapuh. Berbagi koneksi internet melalui jaringan WiFi dengan mengaktifkan WPS akan sangat rentan terhadap WiFi pencurian sandi
  2. Membutuhkan pengaturan keamanan password WiFi lainnya. Ini parameter risiko tambahan karena keamanan jaringan WiFi dengan WPS dibobol sangat rentan dan juga memiliki banyak aplikasi yang tersedia untuk masuk ke jaringan, yang dapat didownload gratis dan mudah .

Sistem keamanan WPS hanya akan bekerja pada perangkat dengan WPA-Personal dan keamanan WPA2. Sedangkan perangkat dengan sistem keamanan WEP, sistem tidak akan mendukung atau tidak. WPS adalah sistem keamanan yang umum digunakan di router yang digunakan di rumah-rumah dan fasilitas umum penyedia WiFi gratis. Tapi tidak semua perangkat yang menggunakan WPS router.

Untuk saat ini, kami ingin terhubung ke jaringan Wi-Fi atau menggunakan password yang dilindungi, harus memasukkan password sebelum menghubungkan. Namun, dengan WPS dan awal koneksi tidak memerlukan password. Cukup melakukan analisis perangkat yang digunakan WiFi kemudian tekan tombol WPS pada router nirkabel, maka kamu akan terkoneksi dengan sendirinya.

Cara WPS Berkerja

Bagaimana WPS? Bagaimana cara kerjanya dapat diketahui dari dua. Pertama, melalui bantuan push button atau tekan tombol WPS. Sebelum melakukannya, ia pertama kali harus menghubungkan perangkat untuk mendukung WPS. Misalnya, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur WLAN di Smartphone. Lalu buka menu Wi-Fi dan mengaktifkan WPS push button, lanjutkan dengan menekan tombol QSS pada router atau modem. Kedua perangkat itu akan mendeteksi satu sama lain.

Pendekatan kedua adalah PIN input atau nomor identifikasi pribadi. Kode ini biasanya diperlukan untuk memastikan keaslian perangkat atau mencegah masuknya perangkat yang tidak diinginkan. Kode ini kemudian akan melakukan enkripsi data dan perangkat otentikasi. Bagaimana untuk masuk ke menu Wi-Fi dan mengaktifkan WPS pin input. Lanjutkan untuk memasuki ditampilkan PIN pada menu router QSS digunakan. Kemudian, masing-masing perangkat terdeteksi di WPS akan meminta pengguna untuk memasukkan kode PIN untuk bergabung dengan jaringan nirkabel.

Leave a Reply