Kucing Jalanan Datang Ke Rumah

Jika kamu tinggal di daerah yang banyak terdapat kucing jalanan, mungkin rumahmu pernah menjadi tempat bersinggah si kucing. Mungkin kucing jalanan datang dan bersinggah sebentar hanya untuk tidur, ataupun iseng belaka. Tapi, pernahkah kamu berpikir, “Kenapa kucing jalanan datang ke rumah kita terus-menerus?”. Ada beberapa alasan yang bisa menjawab perilaku kucing jalanan tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan di bawah ini.

1. Ada kucing betina di dalam rumah

Kucing betina yang ada di rumah menjadi salah satu alasan kenapa kucing jalanan sering datang ke rumah kita. Terlebih saat kucing jalanan memasuki musim kawin, dia akan datang setiap hari.

Hal ini karena kucing jalanan demen sama kucing betina yang ada di rumahmu. Makanya, dia betah berlama-lama di area rumahmu. Bahkan demi mendapatkan perhatian kucing betina, ada kucing jalanan yang rela nggak pergi dan nggak makan.

Kenapa kucing jalanan bisa tahu, kalau ada kucing betina di dalam rumah? Kucing itu memiliki indra penciuman yang tajam. Dia bisa mencium bau keberadaan kucing lain dari jejak yang ditinggalkannya. Misalnya, tanda spraying, bulu rontok hingga pup.

Khusus tanda spraying, kucing jalanan bisa mendeteksi bau spraying kucing betina sampai jarak 500 m. Artinya, kucing jalanan bisa mengenali keberadaan kucing betina dari depan rumahmu. Lalu, saat musim kawin tiba, kucing jalanan akan sering datang untuk menarik perhatian kucing betina. Itulah alasan kenapa kucing jalanan sering datang ke rumah.

2. Mencari Tempat Nyaman untuk Tidur

Alasan lain kenapa kucing jalanan datang ke rumah adalah mencari tempat tidur yang nyaman. Kucing adalah hewan nokturnal yang aktif. Di mana, kucing memiliki kebiasaan tidur di siang hari dan aktif berburu mangsa di malam hari.

Karena kucing jalanan butuh tidur, biasanya kucing mencari spot tidur yang nyaman di sekitar wilayah teritorialnya. Jika rumahmu termasuk lokasi yang nyaman untuk tidur siang kucing, kucing akan sering berkunjung untuk sekedar tidur siang dan bermain. Dan kucing jalanan akan menandainya sebagai tempat favorit. Tanda tempat favorit kucing bisa berupa tanda cakaran, spraying hingga pup.

Biasanya kucing memiliki 3-5 tempat tidur favorit di wilayahnya. Jadi, mungkin hari ini tidur di area rumahmu. Besok tidur di rumah tetangga. Besoknya pindah lagi, lalu lain hari balik ke rumah kamu lagi. Begitu seterusnya. Intinya, suka-suka si kucing.

3. Mencari Makanan dan Minuman

Alasan selanjutnya kenapa kucing jalanan datang ke rumah adalah mencari sumber makanan dan air minum. Kucing jalanan butuh makan dan minum setiap hari. Jika kucing tidak mendapatkan minum, kucing bisa mati dalam waktu 7 hari. Dan jika kucing bisa mendapatkan sumber air minum tapi tidak makan, kucing bisa mati dalam waktu 1 bulan.

Untuk itu, secara naluri kucing akan mendatangi sumber makanan dan minuman. Lalu, apa hubungan dengan rumah kita? Hubungannya baik-baik saja. Hehe.

Gini, lho!

  • Jika kamu menaruh ember berisi air di dekat sumur setiap hari, itu bisa menjadi sumber air minum kucing. Maka, setiap dia haus, dia akan mampir ke rumahmu untuk minum.
  • Jika di rumahmu banyak tikus, serangga dan kadal, itu bisa jadi sumber makanan kucing. Maka, setiap kucing kelaparan, dia akan berburu hewan-hewan tersebut untuk makan. Ujung-ujungnya, kucing jalanan akan sering menunggu mangsanya keluar di area rumahmu.
  • Jika salah satu dari keluargamu memberikan makanan kucing secara cuma-cuma, kucing jalanan akan menandainya sebagai sinyal sumber makanan. Makanya, kucing jalanan akan selalu datang ke rumahmu untuk meminta makanan lagi dan lagi saat kucing merasa kelaparan.

Sampai di sini paham ya?

Jadi, kucing jalanan akan selalu menandai lokasi-lokasi yang menjadi sumber makanan dan air. Dan mereka sering menjaga wilayah tersebut dari kedatangan kucing lain. Makanya, jangan heran kalau kucing yang datang, hanya itu-itu saja.

4. Minta Diadopsi

Adakalanya kucing jalanan datang ke rumah karena minta di adopsi. Biasanya kasus kucing minta diadopsi ini karena kucing jalanan memiliki rasa keterikatan dengan salah satu orang di rumahmu. Entah itu, ikatan secara emosional, pernah memberi makan saat kelaparan atau pernah menolong kucing saat kondisi sekarat.

Saat kucing jalanan minta diadopsi, kucing jalanan akan datang berkali-kali ke rumah kita. Namun, dia masih belum mau dipegang ataupun di ajak bermain. Hanya datang dan melihat-lihat reaksi pemilik rumah dari kejauhan.

Kucing jalanan biasanya melakukan beberapa tes terlebih dahulu. Dia ingin tahu, “Apakah manusia ini bisa menjinakkanku atau tidak?”. Jadi, seperti jual mahal gitu. Kadang mau dipanggil, kadang melengos. Kadang bertampang memelas, kadang bertampang garang. Semua itu hanya untuk ujian.

Kalau kamu merasa cocok dengan kucing jalanan tersebut, kamu bisa mempertimbangkan untuk menerima sinyal adopsi tersebut.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menjinakkannya. Cara paling mudah menjinakkan kucing jalanan adalah memberi makanan basah yang beraroma kuat dan lezat. Lakukan setiap hari selama 1-2 minggu. Teknik ini kami dapat dari salah satu panduan 10 cara menjinakkan kucing liar. Dan saat kami terapkan, kucing jalanan bisa kami jinakkan dengan mudah.

Langkah kedua, tingkatkan kesehatan kucing. Saat kucing jalanan sudah berhasil kamu jinakkan, segera beri perawatan kesehatan. Beri obat cacing, bersihkan kutu, jamur dan scabies, lakukan vaksin kucing. Dan terakhir steril kucing bila perlu. Langkah ini penting sebelum mengizinkan kucing jalanan tinggal serumah dengan keluarga kita. Tujuannya untuk mencegah penyakit menular yang membahayakan kucing dan keluarga.

Langkah ketiga, buatkan rumah kucing yang nyaman dan mulai rawatlah kucing dengan baik. Niscaya, kucing jalanan yang kamu rawat akan sangat berterima kasih atas semua kasih sayangmu.

5. Mengabarkan Pesan dari Tuhan

Alasan terakhir kenapa kucing jalanan datang ke rumah kita adalah karena dia menjadi perantara Tuhan dalam mengingatkan manusia. Adakalanya, kita mengalami khilaf dalam menjalani hidup. Jalan hidup kita menjurus ke arah jurang gelap dari sisi kemanusiaan.

Nah, Tuhan yang sangat sayang kepada kita, kadang mengirimkan isyarat melalui kedatangan kucing. Padahal kita tidak tahu, ini kucing siapa, kenapa tiba-tiba datang di saat kondisi gundah gulana. Dan serta-merta si kucing melakukan tindakan yang tidak masuk akal. Bisa jadi itu, isyarat, teguran ataupun bentuk pesan yang ingin Tuhan sampaikan kepada manusia.

Beberapa pesan isyarat dari kedatangan kucing jalanan secara kebetulan, di antaranya:

  • Mengingatkan manusia untuk selalu berbagi kebaikan kepada sesama makhluk ciptaan Tuhan. Hal ini biasanya diisyaratkan dengan kedatangan kucing jalanan yang melahirkan di rumah kita. Dan setelah melahirkan selesai, kucing akan tiba-tiba menghilang atau pindah tempat.
  • Tuhan menguji iman manusia, di mana, pada kondisi apa pun hukum Tuhan tetap berlaku. Barang siapa membagi rezekinya kepada makhluk yang membutuhkan pertolongan, rezeki mereka akan dilipatgandakan untuknya. Jadi, kedatangan kucing jalanan bisa menjadi pengingat akan keutamaan berbagi kepada sesama.

Cobalah berpikir terbuka dan tenangkan jiwa saat ada kucing jalanan datang ke rumah kita tanpa sebab. Karena hanya dengan jiwa yang tenang, kita bisa menangkap sinyal-sinyal Ilahi yang dipancarkan melalui perilaku kucing jalanan.

Leave a Reply