Cara Sharing Printer di Berbagai Versi Windows

Cara sharing printer yang diterapkan dengan benar dapat memberi banyak keuntungan. Salah satunya adalah hemat biaya sebab tidak perlu menyediakan banyak mesin dalam satu ruangan. Cukup satu saja dan dapat digunakan oleh banyak perangkat.

Dengan melakukan sharing, setiap perangkat yang terhubung dapat mencetak dokumen dari mana saja. Tentu saja dengan syarat perangkat tersebut masih dalam jangkauan jaringan LAN di kantor atau rumah Anda.

Berbagi mesin cetak dapat dilakukan dalam berbagai versi Windows, mulai dari Windows 7 hingga 10. Jadi tidak perlu khawatir bila masih memakai Windows versi lama.

Sebelum melakukan sharing printernya, driver printer harus sudah diinstal pada perangkat Anda. Setelah itu ikuti langkah – langkah berikut ini:

Cara Sharing Printer Windows 10

Setiap versi Windows mempunyai tampilan yang berbeda-beda, sehingga pengaturan dalam berbagi mesin cetak juga sedikit berbeda. Namun Anda tidak perlu khawatir, caranya cukup sederhana sehingga mudah diikuti.

1. Langkah Pertama Aktifkan Network Discovery

Langkah pertama untuk menghubungkan perangkat ke printer adalah menghidupkan fitur Network Discovery. Fitur tersebut akan menghubungkan perangkat dalam satu jaringan. Setelah itu, hidupkan juga fitur File and Printer Sharing.

Menurut situs Thelastsurvivors, setelah perangkat terhubung selanjutnya Anda perlu membagikan mesin printer ke perangkat tersebut. Tugas tersebut dapat diselesaikan oleh fitur File and Printer Sharing.

Cara pada langkah ini adalah dengan membuka menu Control Panel. Dilanjutkan menuju Network and Sharing Center, lalu tekan opsi Change Advanced sharing settings. Kemudian klik Turn on network discovery dan centang Turn on file and printer sharing. Terakhir, tekan Save changes.

2. Share Printer pada Komputer Server

Pada langkah kedua Anda perlu lakukan pengaturan komputer server. Caranya dengan membuka menu Control panel, kemudian memilih Device and Printers. Klik kanan pada mesin cetak yang hendak digunakan bersama lalu klik Printer Properties.

Kemudian Anda dapat memilih pada tab Sharing, setelahnya tekan tombol Sharing Options, centang Share this printer dan beri nama. Lalu klik OK. Jangan lupa centang Render print jobs on client computers.

Dalam penamaan mesin cetak tersebut bisa dilakukan secara bebas, terutama jika digunakan di rumah. Namun apabila untuk keperluan kantor, bisa diisi dengan jenis mesin cetak untuk memudahkan pekerjaan.

3. Tambahkan Pilihan Mesin Cetak pada Komputer Client

Sekarang mesin cetak sudah siap untuk dipakai komputer client. Namun Anda masih perlu menambahkan pilihan mesin cetak pada komputer client. Caranya adalah menambahkan pilihan mesin cetak baru pada perangkat client. Buka menu Control panel. Kemudian klik Devices and Printers dan lanjut tekan Add printer.

Pilih mesin cetak yang hendak dipakai kemudian tekan Next. Setelah terhubung, Anda bisa mencoba tombol Print a test page untuk melihat apakah mesin cetak sudah dapat dipakai. Terakhir klik Finish.

Cara Sharing Printer Windows 8

Langkah pertama dalam panduan ini adalah dengan memilih tombol Windows dan klik menu Control Panel. Tekan Devices and Printers. Pilih mesin cetak yang hendak Anda share. Selanjutnya klik Properties.

Tekan pilihan Sharing tab. Klik Share this printer dan beri nama. Selanjutnya tekan OK. Anda bisa mencoba apakah mesin cetak sudah bekerja melalui komputer client.

Cara Sharing Printer Windows 7

Pada Windows 7, terdapat opsi berbagi mesin cetak ke dalam workgroup dan untuk semua. Anda bisa menyesuaikannya apakah perlu memakai workgroup atau tidak. Langkah pertama adalah dengan memilih menu Control panel.

Selanjutnya, pilih View devices and printers. Klik kanan pada gambar mesin cetak dan pilih Printer Properties. Tekan opsi Share this printer dan masukkan nama mesin cetak. Setelah itu, tekan OK dan mesin cetak siap dishare.

Cara Sharing Printer Windows 7 ke Mac OS

Langkah pertama dalam panduan ini adalah dengan memilih menu Control Panel. Pilih Programs, kemudian pilih Programs and features. Klik pada Turn windows feature on or off. Nyalakan fitur tersebut.

Berikutnya pilih tanda plus (+) untuk memperluas Print and document services. Centang pada menu LDP/LDR print services. Pilih OK dan tutup menu. Selanjutnya beralih ke menu Device and Printer. Cari menu melalui tombol Start.

Selanjutnya pilih Devices and printer, klik kanan pada bagian mesin cetak untuk dishare dan pilih Printer properties. Lalu pilih Sharing dan klik Change sharing options. Centang Sharing printer dan beri nama.

Sekarang pindah ke Macbook. Pada Macbook, buka menu Start application, pilih Utilities dan klik Printer setup utilities. Pilh tombol Option dan tekan More printers. Pilih Advanced. Pilih LPD/LPR Host atau Printer. Kemudian tekan tombol Add.


Hanya mempunyai satu mesin cetak kerap menjadi hambatan untuk mencetak dokumen pada berbagai perangkat lantaran harus menyambung dan melepas kabel. Namun, Anda bisa memakai cara sharing printer di berbagai Windows ini sehingga tidak perlu menyambungkan kabel lagi.

Leave a Reply