Tips Menyumbang Di Panti Asuhan

Berikut adalah ulasan yang membahas tentang tips ketika ingin menyumbang di panti asuhan. Simak penjelasannya berikut ini.

Menyumbang ke Panti Asuhan tidak selalu dilakukan dengan menggunakan uang saja. Namun, Anda juga bisa menyumbangkan beberapa jenis sumbangan yang tepat untuk diberikan kepada Panti Asuhan.

Nah, buat Anda yang masih bingung apa saja jenis sumbangan yang akan didonasikan, berikut ada 7 jenis sumbangan yang layak diberikan untuk anak-anak yang ada di Panti Asuhan.

Jenis Sumbangan yang Layak Diberikan Kepada Panti Asuhan

1. Pakaian

Jenis sumbangan pertama yang bisa Anda sumbangkan kepada anak-anak panti ialah pakaian. Ya, pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi mereka. Seperti yang diketahui bahwa para penghuni Panti Asuhan ialah anak-anak yang masa pertumbuhannya cukup pesat. Tentunya, kebutuhan akan pakaian di Panti Asuhan sangatlah dibutuhkan.

Oleh karena itu, Anda bisa memberikan baju bekas yang masih layak pakai. Anda bisa mengumpulkannya dari lemari, atau mengumpulkan baju bekas dari rekan-rekan dan orang sekitar yang bersedia untuk menyumbangkannya.

Tak hanya membutuhkan kaos, celana, ataupun rok, Panti Asuhan juga membutuhkan pakaian bayi. Anda bisa menyumbangkan beberapa pakaian bayi yang sudah tidak terpakai.

2. Perlengkapan Ibadah

Selanjutnya adalah perlengkapan ibadah untuk anak-anak Panti Asuhan. Namun, sebelum Anda memberikan perlengkapan ibadah kepada anak-anak panti, pastikan bahwa Anda telah mendapatkan informasi tentang anak-anak panti tersebut termasuk kepercayaan yang mereka anut.

3. Seragam Sekolah

Selain pakaian yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, Anda juga bisa memberikan seragam yang masih layak pakai kepada anak-anak panti.

Jadi, sebelum Anda mengirimkan sumbangan kepada mereka berupa seragam, cek terlebih dahulu dan pastikan seragam tersebut masih layak untuk digunakan.

4. Peralatan Sekolah

Seperti yang dilansir oleh Dakwahdaily.com, Anda tidak hanya bisa menyumbangkan seragam saja, namun juga bisa menyumbangkan peralatan sekolah, seperti buku pelajaran, alat tulis, tas dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk tetap memeriksa kelayakan barang yang akan Anda berikan kepada anak-anak.

5. Mainan Edukasi dan Buku

Barang selanjutnya yang bisa disumbangkan kepada anak-anak panti ialah mainan yang mengedukasi mereka. Selain itu, Anda juga bisa memberikan buku cerita kepada anak-anak untuk meningkatkan kebiasan membaca  buku.

Sebelum Anda memberikan buku cerita tersebut, pastikan bahwa buku cerita yang diberikan isinya sesuai dengan umur para anak-anak Panti Asuhan.

6. Popok Bayi dan Susu Formula

Biasanya, banyak dari panti asuhan yang masih memiliki bayi. Nah, panti-panti tersebut tentu sangat membutuhkan popok bayi.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan susu formula kepada mereka. Sesuaikan juga susu formula yang cocok dengan usia para penghuni Panti Asuhan. Dengan memberikan susu formula, hal tersebut sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Makanan Pokok

Terakhir, Anda bisa memberikan makanan pokok dan snack kepada anak-anak panti. Makanan pokok tentu sangat dibutuhkan oleh para penghuni Panti Asuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Jika Anda ingin memberikan makanan pokok kepada anak-anak panti, perhatikan dengan baik tanggal kadaluarsanya dan hindari membeli barang yang sudah dekat dengan tanggal kadaluwarsa.

Itu dia beberapa jenis sumbangan yang bisa Anda berikan kepada anak-anak Panti Asuhan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Namun, sebelum diberikan pastikan terlebih dahulu bahwa sumbangan tersebut layak untuk digunakan oleh anak-anak.

Saling berbagi merupakan salah satu bentuk akhlak mulia yang sangat disukai oleh Allah SWT dan rasul-Nya. Bahkan, Rasulullah SAW sendiri sangat memuliakan anak yatim dan menyayangi mereka. Allah SWT juga melaknat siapa saja yang menyakiti anak yatim dengan sengaja.

Leave a Reply