Takaran Makan Kucing Sehari

Berapa Takaran Makan Kucing Sehari

Untuk mendapatkan kucing yang sehat dan terawat, kamu harus menjaga asupan nutrisi kucing. Cara paling mudah untuk menjaga gizi kucing dengan memberikan takaran makan yang tepat. Tepat waktu ngasihnya dan tepat porsi makannya. Biar kamu lebih paham, kami akan membahasnya secara detail dan mendalam. Berikut ulasan lengkap takaran makan kucing dalam sehari yang kami kutip dari goldenmaze.net.

Takaran Makan Anak Kucing

Kucing yang baru berusia kurang dari 12 bulan masih disebut anak kucing/kitten/junior cat. Pada titik tumbuh ini, anak kucing membutuhkan banyak asupan nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Untuk itu, komposisi makanan dan takaran makan anak kucing berbeda dengan kucing dewasa.

Komposisi makanan anak kucing sebaiknya memiliki kandungan 22% protein dan 8% lemak. Karena anak kucing belum memiliki gigi permanen yang kuat, kami merekomendasikan makanan basah. Kamu bisa memakai wet food merek Whiskas, Pro Plan, Royal Canin, dll. Beli saja yang ukuran sachet 85gram.

Berikut ini takaran makanan basah untuk anak kucing dalam sehari:

Usia KucingPorsi Makan Per HariPenyajian
6-12 minggu.25-80g.3-4 kali penyajian per hari.
3-6 bulan.45-105g.3 kali penyajian per hari.
6-12 bulan.105-155g.2 kali penyajian per hari.

Jika kamu ingin perhitungan lebih rinci, kami berikan gambaran detailnya.

Anak kucing itu membutuhkan setidaknya 35 kalori per kilogram berat badan per hari. Nah, kebutuhan ini dapat kamu penuhi dengan makanan basah dalam kemasan sachet 85g. Di dalam 85g makanan basah kucing kemasan sachet memberikan 125 kalori.

Dari data tersebut kamu bisa mulai menghitung nih. Misalnya, berapa kebutuhan makanan anak kucing umur 6 bulan yang memiliki bobot 2 kg?

Ini jawabannya:

Kebutuhan kalori kucing = 35 kalori x kilogram berat badan = 35 x 2 = 70 kalori.

Kebutuhan minimal makanan untuk anak kucing = berat bersih makanan basah : jumlah kalori per penyajian x kebutuhan kalori harian anak kucing = 85/125 x 70 = 47,6g makanan basah.

Jadi, untuk anak kucing usia 6 bulan yang memiliki bobot 2 kg, minimal kamu kasih 47,6g makanan basah per hari. Artinya, satu sachet makanan basah harus habis dalam waktu 2 hari. Lebih boleh, kurang jangan. Biar kucing kamu cepat gemuk dan nggak malnutrisi.

Sampai di sini paham ya! Silakan kamu lakukan perhitungan sendiri sesuai kondisi anak kucing yang kamu miliki. Pastikan selalu menimbang anak kucing dengan timbangan digital yang akurat.

Takaran Makan Kucing Dewasa

Kucing dewasa adalah kucing yang berumur 1-7 tahun. Pada usia ini, metabolisme tubuh kucing sudah sangat berbeda dari masa-masa kitten. Untuk itu, komposisi makanan kucing dewasa berbeda dengan makanan anak kucing. Makanan kucing dewasa memiliki komposisi 18% protein dan 5% lemak. Artinya, kebutuhan protein dan lemak kucing dewasa lebih rendah daripada masa-masa kitten. Kenapa begitu? Tujuannya adalah agar kucing tidak obesitas. Terlalu banyak makan akan membuat kucing dewasa cepat kegemukan. Terlebih kucing dewasa yang disteril.

Karena saat ini kucing sudah dewasa, kucing sudah memiliki gigi permanen yang lengkap. Dengan demikian, kamu boleh memberikan makanan kering dan makanan basah kucing secara bersamaan.

Biar kamu nggak salah dalam memberi makan kucing, kami akan ngasih petunjuk.

Berikut tabel takaran makanan basah untuk kucing dewasa per hari:

Berat Badan KucingPorsi Makan Per HariPenyajian
2-4kg35-65g.1 kali penyajian per hari.
4-6kg.65-100g.2 kali penyajian per hari.
6-8kg..100-130g.2 kali penyajian per hari.

Catatan: faktor individu seperti tingkat metabolisme, tingkat aktivitas, dan status sterilisasi pada kucing mempengaruhi takaran makan kucing dalam sehari.

Bagi kamu yang suka menghitung porsi makan kucing secara manual, kami akan kasih rumus perhitungannya.

Kucing dewasa membutuhkan setidaknya 66 kalori per kilogram berat badan per hari. Kebutuhan tersebut dapat kamu penuhi dengan memberikan makanan basah kemasan sachet 85g. Di dalam 85g makanan basah kucing dapat memberikan 125 kalori.

Dari data di atas, kita bisa melakukan perhitungan matematis untuk mendapatkan porsi makanan kucing dewasa per hari.

Biar lebih mudah, kami akan memakai contoh nyata. Kucing dewasa bernama Miko, umur 2 tahun, berat badan 4 kg. Miko adalah kucing indoor yang jarang main keluar rumah. Berapa porsi makan kucing per hari untuk kucing dewasa tersebut?

Ini dia jawabannya.

Kebutuhan kalori kucing dewasa = 66 kalori x kilogram berat badan = 66 x 4 = 264 kalori.

  • Makanan kering kucing memberikan 333 kalori per 100g kibble.
  • Makanan basah kucing sachet memberikan 125 kalori per 85g penyajian.

Karena kebutuhannya mencapai 264 kalori, kamu bisa mencukupinya dengan makanan basah dan makanan kering kucing.

Jenis Makanan KucingPorsi MakanPenyajian
Makanan basah.50g.2 kali penyajian per hari.
Makanan kering.57,3g.2 kali penyajian per hari.

Keterangan:

  • 50g makanan basah setara dengan 73,5 kalori.
  • 57,3g makanan kering setara dengan 190,8 kalori.

Artinya, untuk memenuhi 264 kalori harian untuk kucing dewasa dengan berat 4kg, kamu perlu memberikan dua jenis makanan. Makanan basah yang setara dengan 73,5 kalori dan makanan kering yang setara dengan 190,8 kalori. Itulah takaran minimal makanan kucing dewasa. Lebih boleh, kurang nggak boleh.

Semoga paham ya, hehe.

Takaran Makan Kucing Tua

Lain lagi untuk makanan kucing tua. Kucing dikategorikan tua jika usianya lebih dari 7 tahun. Pada usia ini kucing sudah mengalami penurunan metabolisme tubuh. Dan beberapa gigi kucing telah copot. Jadi, beberapa kucing mengalami sulit makan.

Untuk memberi makan kucing tua, kami merekomendasikan untuk menyediakan makanan basah saya. Bisa bikin makanan basah sendiri atau beli makanan basah sachet. Biar nafsu makan kucing tidak turun kamu bisa menambahkan snack kucing.

Lalu, berapa porsi makan kucing tua dalam sehari?

Berat Badan KucingPorsi Makan Per HariPenyajian
2-4kg30-70g.2 kali penyajian per hari.
4-6kg.55-100g.2 kali penyajian per hari.
6-8kg..80-135g.2 kali penyajian per hari.

Jika kucing masih memiliki gigi yang lengkap, kamu boleh mengombinasikan makanan basah dengan makanan kering kucing. Jika memang kucing tua sudah ompong, ya mau tidak mau kamu kasih makanan basah setiap hari.

Selain fokus memberikan makanan basah, kamu juga harus fokus memberikan penambah nafsu makan. Misalnya minyak ikan, vitamin dan snack kucing.

Berapa Kali Memberi Makan Kucing dalam Sehari?

Setelah paham takaran makanan kucing sehari, kamu perlu menentukan jam makan kucing. Artinya, kamu perlu mengatur kapan waktu makan kucing. Tujuannya adalah agar kucing disiplin saat makan dan disiplin waktu pup. Dengan begitu, kamu bisa membersihkan litter box pada waktu yang sama setiap harinya.

Jadwal makan kucing yang bagus adalah 2-3 kali sehari. Pagi pukul 08.00 untuk waktu sarapan di kucing. Dan sore pukul 15.00 untuk makan besar kucing. Kamu bisa ngasih snack kucing di sela-sela waktu tersebut. Dengan menerapkan pola makan ini, secara teratur, pup kucing akan teratur. Jadi, kamu bisa membersihkan litter box di waktu yang sama setiap hari.

Bayangkan kalau kucing jam makannya tidak teratur, baru pulang kerja, capek, harus bersihin pup kucing. Dengan mengatur pola jam makan kucing, kucing akan menjadi terbiasa disiplin.

Itulah ulasan lengkap tentang berapa takaran makan kucing dalam sehari. Jika ada yang belum jelas, silakan tinggalkan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah.

Leave a Reply